Select Page

PENERBITAN DAN PUBLIKASI ILMU PENGETAHUAN

Penerbitan dan Publikasi Ilmu Pengetahuan

Penerbitan buku teks bermula dari gagasan tentang perlunya menerbitkan buku-buku pelajaran universitas yang ditulis dalam bahasa Indonesia, oleh sarjana-sarjana asli Indonesia, dengan menggunakan kerangka masalah dan kasus-kasus contoh Indonesia. Ini dimaksudkan agar dapat digunakan oleh mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut pelajaran terutama di fakultas ekonomi dan sosial. Sampai dewasa ini dunia mahasiswa dan perguruan tinggi kita sebagian besar masih menggunakan buku-buku pelajaran yang ditulis oleh sarjana asing, dalam konteks permasalahan negara-negara Barat dan bahasa asing pula.

Buku teks universitas merupakan jenis buku yang dirintis saat aktivitas LP3ES mulai bergulir pada tahun 1971. Jenis buku teks ini merupakan bagian penting dan program penerbitan LP3ES hingga kini. LP3ES juga menerbitkan buku-buku kontroversi, terjemahan, skripsi, tesis dan disertasi para sarjana Indonesia dan para Indonesianis, kumpulan karangan dari Prisma, kajian seputar negara dan bangsa Asia Tenggara, dan sebagainya.

Sampai sekarang, LP3ES telah menerbitkan lebih dari 200 judul buku yang dikelompokkan kedalam dua kategori, yakni textbook dan general reading. Beberapa di antaranya merupakan buku[1]buku laris, antara lain Pengantar Metode Statistik Jilid I & II dan Metode Penelitian Survei yang lebih dari 30 kali cetak ulang.

Share This